MANJEMEN UMUM

PENDAHULUAN

mengapa ilmu majemen dipelajari? Banyak alasan yang digunakan orang untuk itu. contohnya  : Organisasi  ibu-ibu PKK, koperasi, pramuka di sekolah, hingga badan negara.

Manajemen adalah salah satu kehidupan terpenting bagi manusia adalah pengaturan. Sejak  zaman manusia  membentuk kelompok untuk mencapai tujuan yang mereka tidak bisa capai sebagai individu. Namun organisasi sekarang ini tidak sama dengan organisasi zaman dahulu.  Banyak organisasi  yang berkembang  besar dan pada akhirnya meningkatlah peran manajer itu sendiri.

Manajemen sudah ada di mana-mana  karena secara mendasar  organisai mempunyai  orang bertanggung jawab terhadap organisai gar tujuan organisasi tercapai. Kamu bisa menyebut ketua,kepala devisi,pelatih,pemimpin atau apapun, pada dasarnya  semua penanggung jawab disebut manajer.

1. Manajemen

Penggertian

Adalah suatu proses yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih dalam wadah dan memiliki tujuan sama.

2. Definisi manajemen

Manajemen merupakan proses merecanakan, mengorganisasikan,memimpin, mengawasi pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran yang sudah ditentukan. Definisi dapat diperluas sebagai berikut :

a.  Seorang manajer harus melaksanakan funsgsi manajer, yaitu perencanaan, pengarahan, pengorganisasian, dan pengawasan.

b.  Manajemen dapat diterapkan dalam organisasi apapun.

c.  Tujuan manajemen menciptakan hasil yang lebih.

d.  Manajemen berhubungan dengan produktivitas.

4. Unsur-unsur manajemen ( The six min manajemen )

a. Man (manusia)

b. Money (uang)

c. Mathodes (cara kerja)

d. Material (Bahan-bahan yang di butuhkan)

e. Machines (Mesin-mesin yang di perlukan)

d. Market (pasar)

5. Tingkat manajemen

a. Top manajemen

b.  Manajemen menengah

c. Manajemen bawah

6. Fungsi manajemen

Fungsi manajemen dapat dibedakan menjadi :

Forecasting ; peramalan kondisi organisasi di masa yang akan datang

Planning; tahap perancanaan sehingga tujuan organisasi dapat terwujud

Organizing; penentuan dan penugasan golongan pekerja masing-masing anggota organisasi dalam mewujudkan tujuan

Staffing; personalia pada suatu organisasi dengan perekrutan dan pengembangan karyawan

Actuating; menciptakan kondisi agar anggota organisasi dapat menjalankan peranya dengan baika

Coordinating; menciptakan suasana selaras hingga  tidak terjadi perlisihan antara anggota organisasi

Commanding; pemberian pemerintah

Leading;memimpin

Motivating; pemberiaan motivasi atau dorongan

Reporting; pelaporan

Controling; pengawasan

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s